Mengapa belum wisuda? | Masih ADA karya yang tertunda.

Saya masih semester 8 lho, belum lewat batas masa kuliah 4 tahun. Sudah ditanyain “Mengapa belum wisuda?” entah berapa puluh kali oleh orang – orang menanyakan ini, yang sebenarnya merasa peduli atau sengaja ngeledek. Saya gak suka diginiin haha.

Yah…. memang wajar sih banyak nanya – nanya gitu, soalnya sudah semester akhir. Ya. . .  saya positive thinking saja deh, saya yakin itu karena kepedulian mereka. 

Nah….. kalau teman – teman atau keluarga yang nanya“Mengapa belum wisuda, kapan?”

Ini penjelasannya:

Pertama: Saya harus komitmen
Apa yang pernah saya janjikan, mudah2an bisa saya tepati. Jadi tidak hanya omongan belaka.

Saya kan masih status asisten IKLC, jadi masih aktif mengajar. Saya harus komitmen dan selalu harus rajin mengajar. Melakukan persiapan belajar yang matang sebelum kegiatan PBM dan saya masih ingin mengabdi di IKLC hingga Februari 2017, jika masih ada kesempatan.

Seperti setelah dulu ikut jadi pemateri Ilmu Komputer Goes To School, saya jadi ketagihan mau ikut pengabdian. Terakhir saya buat pengabdian saya sendiri seperti ke SD dan melakukan seminar ke SMA/SMK di Kecamatan Parlilitan. Jadi terakhir saya berniat mau melakukan sekali lagi pengabdian sebelum menyelesaikan perkuliahan S1 saya.

Kemudian saya punya ruangmahasiswa.com yang punya tim dengan anggota 7 orang. Saya harus bangun ini, sukses di sini, dan memegang komitmen kepada teman – teman saya di dalam tim bahwa “ingat, berapa besar sudah usaha yang kalian berikan, maka kita harus sukses”
JADI ADA PEKERJAAN RUTIN YANG MEMANG HARUS SAYA LAKUKAN SELAIN SKRIPSI SEBAGAI BENTUK KOMITMEN SAYA

Kedua: Saya masih miskin ilmu
Saya menyadari bahwa jika ilmu yang saya dapat hanya dari perkuliahan, saya belum siap untuk ke dunia kerja yang profesional. 
Jadi saya mencoba belajar lagi di luar, mengikuti pelatihan – pelatihan dan mencari lebih banyak relasi ke sana sini.

Ketiga: Saya tidak ingin mengandalkan gelar sarjana
Saya tidak ingin mengandalkan gelar sarjana sebagai modal utama dalam mencari pekerjaan. Apalah arti sebuah gelar jika tidak punya kualitas. Jadi selama saya kuliah, saya menginginkan ilmu yang lebih banyak lagi bukan gelar sarjana.

Keempat: Belum siap menjadi sarjana
Entah mengapa, seolah – olah saya merasa belum siap menjadi sarjana. Saya merasa masih sangat lemah dan miskin ilmu untuk bersaing di dunia profesional. 
Saya memang tidak ingin mengandalkan gelar. Jadi intinya mencari lebih banyak lagi ilmu, pengalaman, relasi kemungkinan baru saya siap.

Kelima: Ingin menjadi mahasiswa yang memiliki karya.
Kita tidak butuh banyak orang untuk berkarya, hanya butuh orang – orang yang punya visi yang sama dan niat membangun.

Saya bangga telah membentuk ruangmahasiswa.com yang telah bekerja dengan 6 orang lainnya dalam 1 tim.

Saya bangga telah pernah membentuk acara syukuran natal untuk pertama kalinya sepanjang sejarah di kampung saya dengan dana semua hasil galangan kami berlima.

Saya bangga telah mengabdi dan mencoba memberi inspirasi baru di SD Negeri Ambalo dan Siduambilik.
Saya bangga telah membentuk acara Talkshow in Our School 2017 di SMAN 1 Parlilitan dan SMKN 1 Parlilitan.
Saya bangga telah memfasilitasi adik – adik untuk persiapan menuju mahasiswa dalam acara Meet Up peserta SNMPTN dan SBMPTN 2017.
Semua itu bukan semata – mata untuk menunjukkan eksistensi semata, atau menunjukkan kehebatan namun lebih berkarya dan membangun dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan. Semoga dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.
Saya “masih” ingin berkarya di sisa studi saya sebagai mahasiswa S1.
 Keenam: Masih ADA karya yang tertunda
Saya pernah berkata saya akan melakukan pengabdian lagi, saya pernah berkata saya akan bantu merenovasi GEREJA kami yang TUA RENTA  dan sudah enggan berdiri kokoh, saya pernah berkata untuk berjuang mencari cara agar jalan ke kampung kami tidak lagi jalan tikus. Intinya apa saya sudah katakan, semoga saya bisa menepatinya. 

Saya yakin Tuhan bersama saya dan saya yakin Tuhan selalu memberkati niat baik setiap orang.
Skripsi adalah kepentingan pribadi saya, sarjana adalah gelar saya. Namun mungkin saya lebih bermanfaat jika bisa membantu banyak orang.

 

Salam dari mahasiswa yagn belum wisuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *